Cara Efektif Menggunakan Search Engine

Menggunakan search engine (mesin pencari) merupakan cara yang bisa ditempuh oleh para netters untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkan di belantara WWW. Namun demikian, tidak jarang penggunaan mesin pencari memberikan hasil yang mengecewakan, semata-mata karena pemakai melakukan query dengan cara yang kurang tepat. Tips-tips berikut diharapkan dapat menuntunmu menggunakan mesin pencari secara efektif untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.
  1. Gunakan mesin pencari yang tepat. Sebagian mesin pencari saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Untuk saat ini, Yahoo dan Google merupakan pilihan yang paling terpercaya.
  2. Jangan gunakan keyboard yang terlalu umum. Pencarian dengan kata yang umum menghasilkan hasil pencarian yang tidak fokus, lebih baik menggunakan kata yang lebih khusus. Misalnya kata digital camera menghasilkan ribuan hasil pencarian, tetapi kata digital camera casio lebih sedikit hasil pencariannya dan lebih fokus.
  3. Masukkan keyword secara singkat namun jelas. Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga mengacaukan hasil pencarian. Menuliskan kata kunci short biography of footballer maradona akan mengeluarkan setumpuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya maradona biography. Perhatikan ejaan dari kata kunci yang kamu masukan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat membawamu untuk memperoleh hasil yang jauh dari harapan.
  4. Gunakan operator Boolean. Kata kunci “AND”, “OR”, “NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. Keyword Hubble AND biography NOT telescope akan membawamu ke halaman yang membahas tentang biografi Edwin Hubble dan menghindari masuknya halaman tentang teleskop antariksa dengan nama yang sama pada hasil pencarian.
  5. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh. Beberapa mesin pencari mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya, penggunaan kata kunci “teknologi komputer” akan memberikan hasil yang berbeda. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik.

1 komentar:

lem lcd touchscreen mengatakan...

efektif sekali ini min postingannya, makasih..
.lem lcd touchscreen

Posting Komentar