Tips Chatting Yang Bermanfaat

Sebenarnya semua orang sudah sepakat dan mengetahui etika chatting (walaupun tidak disebutkan secara tertulis). Namun belum banyak yang menyadari sepenuhnya untuk mempraktikannya dengan benar. Etika chatting tersebut antara lain :
  1. Harus sopan, siapin partner chatting, mengenalnya atau tidak, jangan sampai memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata kasar, sara atau menyinggung perasaanatau tidak pantas lainnya.
  2. Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan denganmu, harus dihormati dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapanmu.
  3. Harus jujur, usahakan untuk menulis sesuatu apapun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privat), karena hal itu akan membuat partner chatting percaya dan menghargainya. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apapun, jika kamu mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargaimu.
  4. Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun partner chatting terlihat online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting denganmu. Mana tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atai mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus-menerus.
  5. Jangan pernah membawa SARA, karena hal ini sangat sensitif yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.
  6. Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kamu bisa mengetikkan selamat siang, halo, hi atau senang bertemu anda kembali, atau jika ingin mengakhirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.
  7. Jangan menuliskan huruf besar (kapital) karena hal ini dapat mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.
  8. Aktifkan status offline, hal ini dapat menjadi alternatif jika kamu sedang sibuk dan tidak ingin diganggu chatter lain, dan ini sah-sah saja.
  9. Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika kamu tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting-mu, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaanmu tersebut.
  10. Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kamu ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban darimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar