Pengertian Internet

Internet berasal dari 2 kata yaitu International dan Networking. Kata International menunjukkan ruang lingkup bahwa jangkauan dari internet menjangkau seluruh belahan dunia. Sedangkan kata networking memiliki arti sambungan atau jaringan. Jadi internet adalah sambungan-sambungan antarkomputer yang membentuk jaringan yang menjangkau seluruh belahan dunia.
Namun ada juga yang menyatakan Internet singkatan dari Interconnected Networking yang artinya gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global.
Sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, dari segi komunikasi internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun di dalam lingkungan perkantoran.
Jika komputer kamu telah terhubung ke jaringan internet, maka kamu dapat mengakses informasi yang tersedia di komputer-komputer lain yang juga terhubung ke internet yang ada di seluruh dunia. Namun demikian kamu tidak dapat mengakses informasi di sembarang komputer.
Di internet ada dua tipe komputer, yaitu komputer server (server computer) dan komputer client (client computer). Informasi dan layanan yang ada di internet di sediakan oleh server, sedangkan komputer client hanya dapat mengakses informasi atau layanan di komputer server tersebut. Jadi informasi atau layanan hanya dapat diakses di internet disediakan oleh komputer server. Komputer client tidak menyediakan informasi atau layanan apapun yang dapat di akses oleh komputer lain di internet. Jika kamu mengakses internet di warnet, di sekolah, maupun di rumah, komputer yang kamu gunakan merupakan komputer client.

1 komentar:

solder uap mengatakan...

masih banyak yang belum tahu apa sebenarnya internet itu...
solder uap

Posting Komentar