Jurus Sakti Atasi Virus dan Worm


Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah ini ternyata berlaku juga di dunia komputer. Daripada mengeluarkan biaya besar untuk mengobati komputer, lebih baik sedini mungkin melakukan pengamanan yang dapat menjauhkan komputer anda dari serangan virus.
Berikut 11 jurus sakti untuk mengelakkan serangan virus dan worm pada komputer anda :
  1. Selalu lakukan scan terhadap flashdisk yang masuk ke dalam PC anda. Meski tampaknya sepele, tetapi hal kecil ini akan membantu melindungi komputer anda dari virus yang ditularkan melalui perilaku tukar menukar disket. Jika sebuah PC terinfeksi virus, maka flashdisk yang dimasukkan ke dalamnya, kemungkinan besar akan terinfeksi juga. Karena itu, jangan sembarangan membuka flashdisk milik teman pada komputer anda, sebelum disket itu lolos seleksi scandisk.
  2. Scan juga CD yang masuk ke dalam CD drive anda. Meski tampaknya lebih eksklusif dan aman, tetapi CD ternyata juga memiliki potensi yang sama seperti flashdisk, dapat menularkan virus. Karena itu jangan lengah, tetap lakukan scan, sekali pun CD itu baru saja dibeli dari toko
  3. Lakukan scan terhadap harddisk anda, tiap kali mulai bekerja denganya. PC harus selalu dipantau apakah masih sehat atau telah terinfeksi oleh virus. Dengan melakukan scan terhadap harddisk sebelum memulai pekerjaan akan mengurangi resiko gangguan yang diakibatkan oleh virus selama proses kerja. Selain itu juga memperkecil peluang terjadinya kesrusakan pada file anda.
  4. Proteksi Flashdisk anda, jika memasukkannya ke dalam PC orang lain. Jika anda terpaksa harus memasukkan flashsidk anda ke dalam komputer orang lain, maka harus diproteksi terlebih dahulu. Konsekuensinya, adan tidak dapat melakukan perubahan file yang terdapat dalam flashdisk tersebut.
  5. Jangan sembarangan mendownload attachment. Saat ini banyak jenis worm yang mengirimkan copy dirinya dalam bentuk attachment email. Karena itu jangan sembarangan membuka attachment jika alamat pengirim tidak anda kenal. Bahkan, meksipun anda mengenal alamat pengirim, jika tidak ada kesepakatan sebelumnya bahwa orang tersebut akan mengirim email berikut attachment, sebaiknya anda menghapus saja attachment tersebut.
  6. Seleksi dalam membuka email. Begitu juga hukum yang berlaku dalam membuka email, sejumlah virus dan worm menduplikasi dirinya dan mengirimkan copy email tersebut pada seluruh alamat email yang tertea pada address book Microsoft Outlook Express komputer yang diserangnya. Dengan demikian si calon korban tidak akan curiga dan segera membuka email beracun tersebut.
  7. Memasang dan selalu meng-update program antivirus pada komputer anda. Karang orang yang masih awam dibidang komputer, merasa sudah aman jika sudah memasang program antivirus. Anggapan itu salah. Program antivirus memiliki masa kadaluarsa seperti makanan kaleng. Anda harus selalu meng-update program antivirus. Karena program antivirus yang sudah expired tidak akan punya gigi lagi untuk menahan serangan virus pada komputer anda.
  8. Selalu mengikuti perkembangan berita terbaru tentang antivirus. Selain memiliki masa kadaluarsa, program antivirus juga selalu mengalami update sehubungan dengan virus-virus baru yang terus di-release. Para ahli terus melakukan pengembangan untuk menandingi pencipta virus yang berlomba-lomba menciptakan virus yang lebih ganas dari hari ke hari. Anda harus rajin mengikuti berita tentang perkembangan virus terbaru. Banyak sekali perusahaan software antivrus yang menyediakan fasilitas download gratis melalui internet.
  9. Men-download Microsoft Outlook Security Patch ke dalam komputer anda. Sebagaimana diketahui, tidak ada program software yang sempurna. Berkat bantuan program kecil ini, kinerja dari satpam Microsoft Outlook Express menjadi lebih maksimal dalam menjaga komputer anda dari virus atau worma yang menyerang dengan memanfaatkan Address Book Microsoft Outlook Express.
  10. Menonaktifkan Windows Scripting Host. Sebagaimana diketahui, banyak virus dan worm baru yang dikembangkan dengan bahawa pemrograman Visual Basic di bawah sistem Windows. Untuk memperkecil serangan, anda sebaiknya menonaktifkan program yang berfungsi untuk mengotomatisasi suatu fungsi. Namun perlu diingat bahwa tidak semua virus berbahasa VBS dapat di tahan dengan menonaktifkan program ini.
  11. Kalau anda browsing ke situs yang tidak anda kenal, matikan program java dan java script. Matikan juga fitur install auto atau install on demand supaya program yang berisi virus tidak akan masuk secara otomatis ke komputer anda. (Sumber : Menjadi Dokter Virus Komputer dalam Sehari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar