Tips Merawat Baterai Notebook

Mengingat bahwa saat ini noteboook sudah menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan aktivitas sehari-hari, namun seringkali banyak para pemilik notebook kurang mengetahui bagaimana cara merawat baterainya. Berikut tips untuk merawat baterai notebook
  1. Jangan gunakan baterai dan charger notebook yang tidak kompatibel. Jika tidak yakin dengan kompabilitas baterai pengganti atau charger yang digunakan, hubungi bagian layanan dari produsen notebook.
  2. Baterai laptop dapat menjadi panas dalam pemakaian normal sekalipun. Jangan gunakan notebooksambil diletakkan di pangkuan anda.
  3. Ketika menggunakan notebook, hindari meletakkan pada permukaan yang lunak/lembut, semisal sofa, tempat tidur atau karpet. Sebab permukaan seperti itu akan menghambat aliran udara di bagian bawah notebook dan dapat menimbulkan overheating.
  4. Cegah terjadinya kontak pada dudukan baterai yang longgar dengan berbagai jenis obyek yang terbuat dari metal, seperti penjepit kertas, koin tipis, dsb.
  5. Baterai notebook, termasuk notebook jangan sampai terjadi tekanan yang berlebihan yang diakibatkan karena terjatuh, terbentur, terhimpit atau tertumpuk oleh benda berat di atasnya. Hal tersebut akan mengakibatkan sirkuit di dalam baterai menjadi rentan terjadi hubungan arus pendek (korslet) yang kemudian mengakibatkan overheating.
  6. Jangan letakkan notebook di area yang dapat menjadi sangat panas, semisal di bawah terik matahari atau di dalam mobil yang diparkir cukup lama di tempat terbuka saat siang hari.
  7. Menjadi basah atau terkena air, adalah hal yang harus dihindari dari notebook dan baterainya. Meskipun nantinya akan mengering dan dapat berfungsi normal, sirkuit di dalam notebook ataupun baterai secara perlahan akan berkarat dan membuat rentan keselamatan penggunanya.
  8. Pastikan anda memahami cara menggunakan, menyimpan dan men-charge baterai dan notebook yang tertulis di dalam buku manual.

2 komentar:

De Agung Kr mengatakan...

sumberne mana nyanan ngah suar protes buin orahange etika ilmiah to.....

ngahadi mengatakan...

ne nak dari segala sumber...alias sing jelas sumberne..

Posting Komentar